Mas Lindra Resmikan RTH Singgahan dan Jatirogo

Tuban – Setelah lama menunggu, akhirnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Singgahan diresmikan.  Tak hanya Singgahan, namun RTH Jatirogo juga diresmikan secara bersamaan oleh Bupati Tuban Adiya Halindra Faridzky, yang dipusatkan di RTH Singgahan yang terletak di Desa Mulyoagung. Selasa (06/02).

Peresmian dihadiri Perwakilan Forkopimda, Sekda Tuban, Kepala OPD, Camat, Perwakilan Bank Jatim, Kepala Desa di Singgahan dan Jatirogo, organisasi masyarakat, dan siswa-siswi.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Lindra menjelaskan, dibangunnya RTH tersebut sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. “Kepekaan kita menjadi kunci bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan alam,” ungkapnya.

RTH Singgahan dan Jatirogo memiliki area pentas cukup luas, area olahraga seperti lapangan voli dan basket. Hal ini bertujuan public space sebagai tempat berekspresi, berinteraksi, berolahraga, dan memunculkan berbagai ide kreatif dari masyarakat. “Bisa dijadikan tempat pengajian, diskusi, olahraga, dan sebagainya,” ucap mas lindra.

Dengan adanya RTH tersebut, diharapkan pula bisa berimbas pada munculnya ekonomi baru.

Kedepan, Pekab Tuban akan terus mengembangkan RTH di beberapa kecamatan. Mas Lindra menargetkan, satu kecamatan memiliki satu RTH. Sehingga, dampak panjangnya akan muncul ekonomi baru.  Dalam hal ini, Pemkab akan menampung semua masukan dari masyarakat. “Kita akan menampung usulan dari masyarakat, karena nantinya akan dibangun sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar,” kata Mas Lindra.

Mas Lindra berharap, masyarakat dapat menjaga fasilitas publik tersebut dengan baik, dengan tidak melakukan perusakan, vandalism, dan membuang sampah pada tempatnya. “Mari dijaga bersama, ini dibangun dari uang masyarakat, untuk masyarakat, jadi harus dirawat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) menjelaskan, keberadaan RTH sangat penting, sebab berpengaruh pada Indeks Kualitas Lingkungan Hidup, dimana daerah harus memiliki cakupan lahan terbuka, dengan ditanami tanaman tegak  tahunan.

Adapun RTH Singgahan dan Jatirogo berdiri di lahan seluas 2 hektar. Pembangunan dua RTH ini menelan dana APBD sebesar 7 Milyar rupiah. Untuk itu, Bambang mengingatkan agar masyarakat dapat memanfaatkan public space ini dengan maksimal. “Mari kita manfaatkan, kita jaga, dan rawat,” imbaunya.

Dikesempatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon serta pelepasan burung oleh Bupati Tuban dan undangan lainnya. (Irul)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights