Pemkab Tuban Luncurkan Si Mas Ganteng

Tuban – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bersama Forkopimda Kabupaten Tuban meluncurkan bus sekolah gratis yang diberi nama Si Mas Ganteng, Selasa (05/02).

Si Mas Ganteng memiliki akronim Transportasi Masyarakat Tuban yang Elegan, Aman, Nyaman dan Terintegrasi.

Peluncuran Si Mas Ganteng dilakukan di halaman Pemkab Tuban yang selanjutnya mengeliling jalan-jalan protokol Kota Tuban. Terdapat 10 bus yang terbagi dalam 10 rute yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban tersebut. Adapun jam operasionalnya mulai pukul  05.30- 07.30 WIB dan 13.00-16.00 WIB.

Mas Lindra, sapaan akrab Bupati Tuban, mengungkapkan peluncuran Si Mas Ganteng untuk mempermudah angkutan bagi pelajar, menekan angka kecelakaan, mengurangi volume kendaraan bermotor hingga emisi karbon. Para pelajar dapat memanfaatkan bus tersebut secara gratis.

Bus ini dilengkapi fitur map yang tersambung ke smartphone orangtua. Untuk mendapat layanan tiket, mengecek rute, jadwal operasional, dan cek lokasi bus bisa unduh aplikasi Si Mas Ganteng Tuban di Playstore.

Sementara itu, salah satu guru SMPN 3 Tuban, Anik Winarni menyambut baik adanya Si Mas Ganteng. Fasilitas ini sangat membantu siswa untuk berangkat ke sekolah. Selain itu, memberikan ketenangan bagi wali murid. “Apalagi bagi wali murid yang memiliki kesibukan di pagi hari, adanya Si Mas Ganteng sangat bermanfaat,” tuturnya.

Anik Winarni mengimbau siswa agar memanfaatkan fasilitas tersebut. Karena dapat melatih disiplin waktu dan mengurangi angka kecelakan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Salah satu siswa SMAN 1 Tuban asal Widang, Vando Trisnawan mengatakan adanya Si Mas Ganteng sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang rumahnya jauh dari sekolah. Dengan naik bus Si Mas Ganteng, siswa lebih merasa nyaman karena keselamatan selama perjalanan lebih baik dibandingkan dengan naik motor. Selain itu, dapat menghemat biaya kendaraan untuk berangkat sekolah. “Sebelumnya harus bayar angkot atau beli bensin, tapi setelah ada Si Mas Ganteng lebih hemat,” ujarnya.

Untuk diketahui, 10 rute strategis Si Mas Ganteng yang telah ditetapkan yaitu rute 1 dan 2 area Tuban Kota. Rute 3 melewati Kecamatan Jatirogo-Kenduruan. Rute 4 melewati Senori-Bangilan-Jatirogo. Rute 5 melewati  Widang-Tuban. Rute 6 melewati Senori-Saringembat-Singgahan. Rute 7 melewati Klotok-Prambon-Plumpang. Rute 8 melewati Rengel-Soko-Parengan. Rute 9 melewati Tambakboyo-Kerek-Merakurak. Rute 10 melewati Grabagan-Rengel. (Irul)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights