Polres Tuban Gelar Apel Pergeseran Pasukan dan Pengecekan Anggota Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Tuban – Sebagai bentuk kesiapan dalam rangka pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang, pagi ini Polres Tuban menggelar apel pergeseran pasukan dan pengecekan kelengkapan anggota, Senin (12/02/2023).

Usai pimpin apel, Kapolres Tuban AKBP Suryono, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh 590 personel Polres Tuban yang akan disebar di 3.690 TPS yang ada di seluruh wilayah kabupaten Tuban. Menurut Kapolres pergeseran pasukan dilakukan dua hari sebelum pemungutan suara agar para personelnya bisa segera beradaptasi dengan tempat tugasnya.

“Supaya segera tahu lingkungannya, rekan kerjanya dan bisa segera beradaptasi” jelasnya.

Waktu pengamanan yang cukup panjang selama tiga hari, kepada seluruh personelnya yang akan bertugas Suryono memberi pesan agar tetap menjaga kondisi fisik masing-masing petugas selain itu tak kalah pentingnya menjaga netralitas selama melaksanakan pengamanan.

“Sesuai tugas fungsinya Ring Polisi berada di luar, tidak boleh masuk kedalam TPS” pesan Suryono kepada anggotanya.

Selain itu, untuk menjaga dan mempertegas netralitas Kapolres Tuban juga melarang anggotanya untuk melakukan pencatatan hasil penghitungan pemungutan suara yang ada di TPS.
“Saya larang untuk mencatat hasil penghitungan suara, Fokus pada pengamanan di tempat pemungutan suara” tegas Suryono.

Ditanya terkait perbekalan yang akan dibawa oleh para petugas saat melaksanakan pengamanan di TPS, Suryono mengatakan para petugas akan membawa perbekalan sesuai yang dialokasikan oleh Negara dalam rangka operasi Mantap Brata 2024.

“Diantaranya uang saku perhari seratus enam ribu rupiah selama tiga hari dan obat-obatan” terangnya.

Lebih lanjut Suryono menambahkan bahwa semua lokasi TPS yang ada di wilayah kabupaten Tuban tidak ada yang berkategori sangat rawan sehingga tidak memerlukan atensi khusus dalam pengamanan.

“Insyaallah di Tuban tidak ada, sehingga semua fokus menjadi atensi kita supaya pengamanan ini berjalan lancar” imbuhnya.

Masih kata Suryono terkait bencana pada musim penghujan, ia mengaku sudah menginstruksikan jajarannya khususnya yang wilayahnya rawan terjadi banjir untuk memberikan atensi terhadap penyimpanan logistik pemilu 2024.

“Khususnya penyimpanan logistik yang saat ini sudah disimpan ditempat yang aman, Insyaallah tidak terkena dampak banjir” Tutup Suryono.

Usai Apel, Kapolres Tuban didampingi para Pejabat utama melakukan pengecekan kelengkapan masing-masing anggota yang akan melaksanakan pengamanan.(irul)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights