Atensi Program Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI Giat Salurkan Bantuan Di SLRT Dinsos Lamsel

Transpos.id. Kalianda Lampung Selatan – Diruang Sistem Layanan Rujuk Terpadu (SLRT) Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) saat ini bergegas dan bergiat masih untuk menyalurkan bantuan nutrisi bagi para lansia dan disabilitas diwilayah Lampung Selatan, pada Jum’at (23/2/2024).

Hari ini, mendistribusikan bantuan kepada para lansia dan disabilitas diwilayah-wilayah yang Tepat menerima bantuan-bantuan tersebut. Dan yang pasti tidak mendapatkan bantuan Dabel lainnya, seperti PKH, BPNT dan lain sebagainya.

Ini merupakan tugas dan kewajiban sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk membantu Masyarakat yang membutuhkan. Begitu juga dengan kawan-kawan TKSK yang lain, masih mendistribusikan bantuan-bantuan Sosial tersebut. Mudah-mudahan, bantuan yang diberikan bisa dapat bermanfaat lebih layak, dan semoga menjadi Amal Ibadah yang Baik.

Kendati demikian, Jepala Dinas (Kadis) Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan PUJI SUKAMTO, S.E.,M.M. Menerangkan kepada Awak Media ini saat di Konfirmasi di Dinas setempat, sehingga ia menyampaikan bahwa. “Ya hari ini kita telah membagikan paket bantuan Sosial, dari program atau atensi dari Kemensos RI. Yang selama ini kita usulkan melakui teman-teman TKSK dan PSM, dan pendamping Sosial Kabupaten Lampung Selatan,” terang Puji.

lanjut nya lagi, “maka totalnya itu ada lima ratus lima puluh satu (551) paket, yang terdiri dari dua (2) tahap, yaitu tahap pertama adalah, dua ratus sembilan puluh tiga (293) paket.”

“Untuk Kecamatan Rajabasa, Kalianda, Bakauheni, Sidomulyo, Candipuro, Katibung dan Way Panji, di Kabupaten Lampung Selatan ini tentunya.”

“Yang termasuk juga kemaren sudah kita bagikan di Desa Tejang Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, berjumlah seratus lima puluh satu (151) paket sudah kita bagikan, Kemudian di Kalianda hari ini lima puluh empat (54) paket, Bakauheni dua belas (12) paket, Sidomulyo kemaren sudah di serahkan juga berjumlah tiga puluh dua (32) paket, Candipuro juga empat puluh satu (41) paket, Katibung dua (2) paket, Way Panji satu (1) paket,” tuturnya.

Kemudian, sambung dia. “Kemaren yang kita bagikan di balai Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo, maka dalam hal bantuan ini, sasarannya adalah, Kelompok Anak ada dua (2), Kelompok Rentan ada dua (2), Lanjut Usia ada tiga puluh satu (31), Penyandang Disabilitas ada sembilan belas (19). Jadi ada totalnya lima puluh tiga (53) orang untuk Kelompok Rentan ini ya, kemudian juga paket bantuannya ada Alat bantu Dengar, ada Kaki Palsu, ada Kursi Roda.”

“Kemudian ada Tongkat Ketiak Kerukit ya, ada Tongkat untuk Tuna Netra, berbeda dengan tongkat yang untuk Disabilitas ya, tongkat yang ada itu, karena kalau yang untuk Tuna Netra ya khusus untuk Tuna Netra ya, yang Fisik ya khusus untuk yang Fisik. Kemudian ada Tongkat Krifot yang untu Lansia, dan ada Alat Bantu Dengar dan Alat Bantu Jalan.”

“Dan selain ada paket-paket itu tadi ya, kita juga menyerahkan modal untuk usaha, yaitu Warung Sembako, Modal Usaha Jualan Makanan Ringan Sosis, Pop Ece dan lain sebagainya, kemudian modal Usaha Perbengkelan,, modal Usaha Pangkas Rambut. Dan ada Paket bantuan Nutrisi,dan Perlengkapan untuk Anak-anak Sekolah.”

“Ada juga perlengkapan Alat-alat Rumah Tangga, juga perlengkapan tidur dan banyak macam nya, dan sebagai-sebagainya.”

“Karena bantuan ini adalah atensi dari Kemensos RI, maka artinya Kemensos merespon usulan atau Atensi dari kita, maka kita turunkan Tim dari TKSK Pendamping Sosial untuk di Aksesman, apa saja kebutuhannya, dan kebutuhan-kebutuhan itu kita masukan dalam Sistem atensi, melalui Onnline.”

“Kemudian, Kemensos memverifikasi kembali untuk mengaksesmen ulang, betul apa tidak usulannya dan apakah sudah sesuai, dan ada yang di tambah dan ada yang di kurang, maka artinya aksesman ulang itu untuk memastikan Supaya bantuan itu Tepat.”

“Baik Tepat Jumlah, dan Tepat Sasaran. Ataupun Tepat yang namanya Paket di Butuhkan. Sehingga jangan sampai itu semua bantuan Tidak Tepat Sasaran,” pungkas Puji Sukamto, SE.,MM. (Alcoby/HR)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights