Mas Lindra Buka Wisuda Santri TPA DPD BKPRMI Tuban

TUBAN – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., membuka Wisuda VI Santri Taman Pendidikan Alquran (TPA) Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kabupaten Tuban tahun 2024 di Pendapa Kridha Manunggal Tuban, Kamis (22/02/2024). Sebanyak 25 santri berprestasi tiap kecamatan diwisuda dengan disaksikan langsung Ketua DPW BKPRMI Jawa Timur, Ketua DPD BKPRMI Tuban, serta Ketua DPK BKPRMI dan wali santri dari 20 Kecamatan.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan Pemkab Tuban berkomitmen melahirkan generasi penerus yang berkarakter dan berakhlak. Yaitu, generasi penerus yang mencintai dan mengamalkan nilai-nilai Alquran pada aktivitas sehari-hari.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan disalurkannya dana hibah untuk lembaga pendidikan Alquran, tempat ibadah dan lembaga yayasan lain setiap tahunnya. Selain itu, Pemkab Tuban juga memberikan insentif bagi guru TPQ dengan jumlah penerima yang terus meningkat.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan mendorong pendalaman terhadap kajian Al-Qur’an. Pengajaran tentang Al-Quran didorong tidak hanya pada membaca secara baik dan benar, tapi juga pemahaman tentang makna Alquran. “Ini Implementasi dari sejarah panjang masyarakat Kabupaten Tuban, sebagai Bumi Wali Berjiwa Ronggolawe,” serunya.

Mas Lindra menerangkan anak-anak memiliki kemampuan untuk menyimpan memori lebih kuat. Karenanya, generasi muda harus ditanamkan ilmu, nasihat, dan budi pekerti yang luhur sebagai bekal untuk masa depannya.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Tuban, Muh. Subhan menyebutkan pelaksanaan Wisuda menjadi rangkaian dari kegiatan Munaqosah yang telah dilakukan pada 14 Januari sampai 10 Februari 2024. Adapun jumlah peserta yang terdaftar mencapai 12.287 santri. Dari jumlah tersebut sekitar 10 ribu santri lulus dan sisanya memerlukan pembinaan lebih lanjut.

“Dari jumlah santri yang lulus diambil 25 santri berprestasi di tiap kecamatan untuk mengikuti Wisuda VI Santri TPA DPD BKPRMI Tuban di Pendapa, totalnya 500 santri dan 500 wali santri,” jelasnya.

Subhan menyampaikan terima kasih kepada Mas Bupati Tuban dan Pemkab Tuban atas dukungan yang diberikan. “Kami merasa sangat terharu, atas penghargaan yang diberikan Mas Bupati kepada DPD BKPRMI Tuban dan wali santri,” ujarnya. BKPRMI Tuban berkomitmen menumbuhkan dan menguatkan kecintaan terhadap Alquran sejak dini. Anak-anak menjadi penerus ilmu karenanya Alquran harus menjadi pondasi utama. (Red)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights