Kadis PMD Secara Resmi Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lamsel di Kecamatan Rajabasa Tahun 2024

Kalianda LamSel,transpos.id – Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa (Kadis PMD) kabupaten Lampung Selatan secara resmi membuka kegiatan lomba desa tingkat kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024. Senin (26/02/24).

Yang Bertemakan ” Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan kelurahan yang berkualitas ” Kegiatan tersebut di fokuskan di lapangan olahraga volly ball desa Canggung di hadiri langsung Camat Rajabasa, Sabtudin.S. Sos. M. Si. Beserta rombongan Forkopimcam, kadis PMD Erdiansyah, Tim penilaian kabupaten Lampung Selatan, ketua Apresi dan kepala desa se-kecamatan Rajabasa

Dengan Mengawali sambutannya kepala desa Canggung, Herri Suhairi menyampaikan. kesehatan dan pertanian dan pelayanan kartu keluarga jadi prioritas program kades.

“Untuk pelayanan kesehatan sendiri kami telah tersedia pos kesehatan desa, juga bidang pertanian, saya mengharapkan bidang pertanian ini ada campur tangan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, apalagi sekarang ini petani kami kesulitan pupuk pak, jadi pupuk untuk menyuburkan tanaman itu hal yang sangat sulit sehingga petani kami ini belum bisa sejahtera dalam pertaniannya”. Ucapnya.

“kemudian dalam hal pelayanan administrasi, desa kami sudah bekerja sama dengan pihak catatan sipil (capil) maka kami desa Cangguung ini sudah menyiapkan untuk pembuatan KK, akte kelahiran dan keterangan kematian sudah ada di Canggung sendiri jadi tidak perlu repot-repot ke capil lagi”.Jelas Herri

Lebih lanjut Camat Rajabasa, SabtudinSabtudin. S. Sos. M. Si. Pun mengatakan.

“Dengan adanya evaluasi ini tentunya kita mengharapkan Kepada seluruh masyarakat desa Canggung dengan adanya penilaian ini tentunya kita akan meningkatkan tingkat atau kriteria dari pada Desa Canggung ini, Kalau tidak salah Desa canggung ini berstatus berkembang”. Ujar Sabtudin.

“Pada kesempatan ini juga kami mengharapkan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Canggung kiranya dapat membantu pemerintah Desa khususnya dalam rangka meningkatkan perkembangan Desa ini, nah oleh karenanya melalui lomba Desa ini Tentunya ke ikut sertaan masyarakat ini dapat membantu untuk meningkatkan dan tentunya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa Canggung Ini”. Tegas Sabtudin.

Ditempat yang sama, kadis PMD Lampung Selatan, Ardiansyah menyampaikan sambutan tertulisnya Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

“Izinkan saya mewakili bupati Lamsel, beliau menitipkan salam dan petmohona naaf bupati lampung Selatan belum bisa hadir karena beliau masih dalam tugas yang teramat penting, saya kadis PMD Lamsel sangat mengapresiasi kerja kepala desa Canggung, karena di masa 6 bulan beliau menjabat, Herri Suhairi sudah mampu menunjukkan perkembangan pembangunan desanya”. Ucap Erdi.

” Dengan adanya kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini yang sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba serta bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat desa”. Teramgnya.

“Ada dua indikator utama yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa yakni data indeks desa membangun IDM dan data profil desa dan keduanya menjadi tolak ukur bagi pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa, Saya berharap dengan adanya lomba Desa seperti ini akan adanya penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan hal tersebut sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan”. Tegasnya (hr)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights