Peringati HPSN Tahun 2024, Pemerintah Gandeng Kelompok Peduli Sampah, Bersihkan Kawasan Pantai Boom

Tuban,transpos.id – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban  bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP) Tuban, menggandeng kelompok peduli sampah, Forum Bank Sampah, pelajar dan mahasiswa, untuk bersama melaksanakan bersih pantai di kawasan wisata Pantai Boom, Tuban Jumat (01/03)


Bekerja sama dengan fasilitator mitra PPMP yang dibentuk oleh Kementerian PUPR, melalui program ISWMP (Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities) yang merupakan program berskala nasional, bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia.

Sekretaris DLHP Edi Sunarto mengungkapkan, kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 300 peserta. Bersih pantai dipilih untuk Peringatan HPSN Tahun 2024 ini,  sebab pantai adalah salah satu penyangga ekosistem yang harus dijaga vegetasinya. “Keberadaan sampah yang kebanyakan non-organik ini dalam jangka panjang akan mengganggu ekosistem pantai,” jelasnya kepada awak media.

Edi berharap, kegiatan serupa dapat terus berkembang dan melibatkan lebih banyak komunitas, sehingga menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah.

Edi menyebutkan, saat ini ada 25 komunitas Forum Bank Sampah di Kabupaten Tuban yang terus  tumbuh berkembang. Selain itu juga terdapat 5 unit TPST yang sudah dibangun dan beroperasi.

Diharapkan, keberadaan mereka dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah, serta meningkatkan nilai ekonomi melalui pemanfaatan sampah. “Semoga kegiatan ini akan semakin menumbuhkan kepedulian kita terhadap masalah pelik perkara sampah. Mari berbuat untuk lingkungan hidup lebih baik dan asri,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari unsur mahasiswa, Khoir menyambut baik acara tersebut. Ia mengaku sangat bersemangat untuk mengikuti bersih pantai. “Sangat bagus, jadi sering-sering bikin acara kayak gini, bersih-bersih bareng, melibatkan anak muda, dibarengi edukasi, ” ucap Khoir.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Maysusendra. Anggota BEM Unirow Tuban ini mengaku, lingkungan akan jauh lebih baik jika semua anak muda turut campur menanganinya. “Bayangkan kalau kita secara masif melakukan gerakan ini, pasti masalah sampah di Tuban dapat  teratasi,” ungkapnya.

Dalam acara yang mengusung tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif” ini, selain bersih pantai, juga dilakukan sambung rasa dan kampanye Program Penguatan Peran Aktif Masyarakat, Pendampingan Administrasi Bank Sampah dan Prestasi Produk Daur Ulang Sampah. (Irul)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights