Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Lamsel Sukseskan Pemilu 2024 Dengan Aman Dan Kondusif

Kalianda LamSel – ‘Ketuk Palu Tok tok tok’ Setelah dalam Penetapan Hasil Pleno KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamsel Wazaki dan Bung Hendra Apriyansyah selaku Komisioner KPU Lamsel menyatakan Apresiasi dari segi Keamanan dan Kenyaman pada Pemilu 2024. Dalam kesuksesan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 adalah berkat keterlibatan semua pihak.

Menggelar acara dalam rapat pleno tersebut berlangsung selama 6 (enam) hari terhitung dari tanggal (29/2), yang digelar di gedung Negeri Baru Resort (NBR) K ecamat Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan itu berjalan dari awal hingga akhir dengan lancar, aman dan kondusif.

Disampaikan juga oleh Wazaki selaku Ketua Badan Pengawasan Pemilu 2024 (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) setelah selesai acara tersebut, sehingga ia mengatakan bahwa, “ya Alhamdulillah acara dalam pleno rekapitulasi di Tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini berjalan dengan sangat baik ya,” ucapnya.

Lanjut dia, “kemudian apa apa yang menjadi keberatan oleh perserta pemilu ini, baik itu dari kata kuncinya ialah para saksi-saksi dari masing-masing pasangan calon yang bertugas.”

“Telah disampaikan dalam proses rekapitulasi ini, jadi terkait dengan apa yang digerakan, maka ada kemungkinan diproses direkap ulang. Dan itu tetap kita pantau secara lengkap semua, apa yang menjadi keberatan untuk kawan-kawan saksi, dan kita juga memperhatikan secara Detail terkait dengan perolehan masing-masing calon, dari Partai politik dan Caleg, itu yang kita amati selama sampai dengan hari ini,” tutur Wazaki.

Ditanya apakah ada kecurangan-kecurangan tertentu dalam hal acara tersebut.

Maka ia pun menjawab bahwa, “Sampai detik ini dan Hari ini, kita tidak menemukan yang berkaitan dalam kecurangan pemilu 2024 ini ya. Dan kami tidak menemukan kecurangan apapun di rekap ini.”

“Akan tetapi terkait dalam ada laporan-laporan ke bawaslu, terkait dengan ada money politik, kemudian ada penggelembungan yang dilakukan oleh KPPS, ini masih dalam proses yang ditanganni langsung oleh bawaslu lamsel, baik itu dari titiknya maupun pidananya. Sehingga proses ini mungkin tidak seketika ya waktunya.”

“Dan ini prosesnya perlu kami klarifikasi dan diverifikasi, terkait dengan suara formil yang tidak terpenuhi. Dan sejauh ini bawaslu yang sudah menerima laporan-laporan tersebut, sebanyak ada delapan (8) laporan, kemudian proses yang lagi kami telusuri, pada hari ini ada empat (4) laporan,” terang Wazaki.

Kemudian, Dari suksesnya acara tersebut, KPU Lamsel mengapresiasi kinerja semua stakeholder terkait.

Hal tersebut disampaikan juga oleh Komisioner KPU Kabupaten Lamsel Hendra Apriansyah, kepada Media ini saat di Wawancarai setelah selesai acara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman saksi yang sudah mau hadir menjaga Kondusifitas forum, saya acungkan dua jempol lah, artinya teman-teman saksi bertanya dengan santun, dengan etika dan adab yang baik tentunya itu mendukung dalam proses kelancaran dalam forum ini saya, ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya,” ucapnya.
Bung Hendra sapaan akrabnya.

Maka ia juga menyatakan dengan adanya saran, kritik dari semua belah pihak demi menjaga kemurnian proses penghitungan suara, sehingga Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan sejuk.

“Sehingga, saya ucapkan terima kasih juga terhadap teman-teman Bawaslu yang sudah stand by, mau mengawasi, telah memberikan saran dan masukan, yang tentu saran dan masukan itu demi mendukung dan menjaga kemurnian proses penghitungan suara ini.”

“Karena hasil suara itu adalah mahkota Pemilu dan dia harus dijaga semurni mungkin. Alhamdulillah teman-teman Bawaslu sudah menjaga itu membantu kami,” ujarnya.

Kemudian Ia juga menghaturkan terimakasih kepada awak media yang setia meliput kegiatan pleno tersebut, dari awal hingga akhir.

“Terima kasih saya ucapkan yang luar biasa kepada semua teman-teman media yang mau hadir dan meliput dari awal hingga akhir, mau menunggu, mau begadang bareng sampai subuh.”

Tambahnya lagi, “andaipun itu ada kondisi dalam perjalanan (pleno, red) mungkin ada beberapa teman-teman beberapa Kecamatan yang butuh persiapan lebih itu, semua saksi bahwasanya teman-teman media, mau bersabar menunggu waktu skorsing.”

“Saya sangat mengapresiasi dan saya anggap itu luar biasa, maka saya ucapkan banyak terima kasih banyak, artinya demi proses kelancaran rapat pleno ini,” imbuhnya sambil
Dirinya juga memberikan dua jempol kepada semua pihak yang ikut mensuksekan Pemilu 2024.

Sambung Bung Hendra lagi, “yang sudah totalitas demi menjaga marwah Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia (Luber), serta Jujur, dan Adil (Jurdil)”.

“Juga dalam pengamanan dari Kepolisian Polres Lamsel beserta Kodim 0421/LS yang luar biasa menciptakan skat-skat yang membuat kami nyaman, artinya benar-benar kondisi-kondisi di dalam rapat pleno ini membuat kami nyaman, cuman walaupun di luar penyekatan pun tidak ada apa-apa, tapi secara psikologi itu mamberi kenyamanan kepada kami. Artinya kelancaran proses rapat pleno ini dari Awal dibuka hingga Akhir detik ini, sampai ditutupnya rapat pleno,” jelas Hendra disela-sela penutupan acara tersebut.

Luar biasa hasil dari kontribusi dari semua pihak, baik dari semua peserta, teman-teman Bawaslu dari proses pengamanan tang sangat luar biasa itu, yang diamankan dalam ke ikut sertaannya oleh Polres Lamsel dan Kodim 0421/LS serta seluruh Jajaran terkait yang membuat KPU Lamsel sangat nyaman dan terkodusif. Dua jempol dan dihaturkan banyak-banyak terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Jajaran Keamanan dalam pesta Demokrasi (Pesta Rakyat Indonesia Yang Aman Dan Kondusif. (Alkoboy/HR)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights