173 Pelajar Lanjut Ikuti Seleksi Kesamaptaan dan Parade Baris Paskibraka Tuban 2024, Ini Selengkapnya

Tuban, transpos.id – Sebanyak 173 siswa-siswi kembali melanjutkan seleksi Paskibraka Kabupaten Tuban tahun 2024 sampai pada tahap seleksi Peraturan Baris Berbaris dan Kesamaptaan, serta Seleksi Parade.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tuban, Yudi Irwanto, menerangkan bahwa dari total jumlah tersebut, terdiri dari 80 siswa laki-laki dan 93 siswa perempuan yang berhasil lolos pada tahap seleksi computer assisted test (CAT) yang diselenggarakan di lapangan indoor bulu tangkis GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban pada hari Senin (4/3) lalu.

“Pada tes CAT sebelumnya, keseluruhan 173 peserta lolos semuanya saat seleksi wawasan kebangsaan dan intelegensi umum,” ujarnya kepada reporter Diskominfo SP Tuban, Rabu (6/3).

Disebutkan bahwa dalam tahap ini, peserta kembali diuji dengan seleksi kesamaptaan dan parade barisan. Namun, sebelum memulai rangkaian seleksi tersebut, Kesbangpol Tuban terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap peserta untuk memverifikasi kesiapan mereka dalam mengikuti rangkaian seleksi. Hasilnya menunjukan bahwa semua peserta dalam keadaan sehat yang memadai untuk melanjutkan tahapan seleksi yang telah dimulai sejak pukul lima pagi itu.

Lebih lanjut, mantan kepala BPBD Tuban itu menuturkan, bahwa rangkaian seleksi hari ini meliputi uji kesamaptaan dan parade baris. Uji kesamaptaan mencakup berbagai tes, seperti lari mengitari lintasan lari area GOR dalam waktu 12 menit, uji kekuatan dengan melakukan sit up/push up/back up selama satu menit, dan shuttle run sebanyak tiga kali putaran dengan waktu yang telah ditentukan. Standar nilai untuk seleksi ini berbeda antara siswa putra dan putri.

Selain itu, juga dilakukan seleksi parade yang bertujuan untuk menilai postur dan fisik, disiplin dan mental, serta rasa percaya diri dan penampilan dari peserta seleksi anggota Paskibraka.

Pihaknya mengatakan, bahwa selama uji seleksi yang telah dilakukan, para peserta menunjukkan hasil yang memuaskan. Namun, evaluasi lengkap masih perlu dilakukan untuk menentukan nilai terbaik dari semua tahap tes yang telah dilakukan.

“Setelah itu kita umumkan ke sekolah masing-masing, tapi pengumumannya setelah kita rapat Pantukhir,” pungkasnya. (yavid rahmat perwita)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights