Oknum Operator SPBU 54-623-03 Pereng Tuban Diduga Ikut Serta Membantu Para Pengangsu BBM Bersubsidi

Tuban, transpos.id – Dengan mudahnya petugas SPBU mengisi BBM Jenis Solar pada pengangsu tanpa barcode dan surat rekom. SPBU dengan nomor 54-623-03 yang ada di Jl. Pereng, Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Rabu (6/3/2024).

Nampak terlihat mobil pik-up L300 yang bernopol S 8034 membawa drum yang di buat membeli BBM Bersubsidi Jenis Solar, tampak petugas mengisi tanpa menanyakan surat rekom dan barcode.

Sehingga awak media konfirmasi kepada petugas tersebut, namun petugas SPBU tersebut baru menanyakan surat kepada pengangsu. Ketika surat ditunjukan terlihat tanpa ada tanda tangan kepala desa dan stempel basah Desa.

Dan sangat di sayangkan ketika di singgung terkait barcode, pengangsu tersebut tidak bisa menunjukan barcode. Namun dengan mudahnya oknum petugas spbu mengisi drum tersebut.

Sebut saja P operator SPBU saat di tanya awak media ini terkait pengisian dengan santainya menjawab,” Sudah biasa ambil di sini mas, makanya saya isi langsung,” Ucapnya sambil mengisi drum.

Bahkan mirisnya, beberapa kendaraan diduga menguras BBM Subsidi di SPBU 54-623-03 hingga beberapa kali. Tidak hanya mobil, beberapa motor roda 3 dan roda 2 yang terlihat membawa drum yang keluar masuk mengisi.

Artinya ada dugaan kuat pihak SPBU tersebut ikut mendukung melakukan penyalahgunaan BBM Subsidi, demi mencari keuntungan pribadi.

Seperti diketahui, himbauan Pertamina juga melarang konsumen membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi di SPBU dengan maksud dijual kembali.

Larangan tersebut tertuang dalam undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas.

Masyarakat tidak boleh membeli BBM jenis apa pun untuk dijual kembali sudah diatur oleh undang-undang. Bagi SPBU yang membantu memperjualbelikan kembali BBM tersebut, melanggar aturan niaga BBM, pasal 53 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara, dan denda maksimal Rp 30 milyar. (tim)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights