Saka Wira Kartika Posramil Margomulyo Bojonegoro dibekali Survival dan Mountaineering

Bojonegoro,transpos.id – Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dijajaran Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Pembinaan Saka Wira Kartika ini diikuti oleh Pramuka Penegak dari sekolah SMA/SMK/MA yang ada diwilayah Kodim 0813 Bojonegoro beserta Koramil jajarannya.

Seperti halnya yang dilaksanakan Pramuka Saka Wira Kartika Pangkalan Posramil 0813-15/Margomulyo, Minggu (17/3/2024), melaksanakan latihan pendalaman materi Krida Saka Wira Kartika yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA) dan materi lain dalam rangka memantapkan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika.

Pamong Saka Wira Kartika Pangkalan Posramil 0813-15/Margomulyo, Serda Putut Darmaji, mengatakan bahwa pada kesempatan ini, anggota Pramuka akan diberikan bekal Krida Survival dan Krida Mountaineering. Survival yaitu usaha untuk mempertahankan hidup dalam keadaan darurat serta berusaha untuk mengatasinya dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita.

Oleh karena itu, sebagai anggota Pramuka Saka Wira Kartika dalam Survival dituntut untuk bisa mempertahankan hidup jika menghadapi situasi dan kondisi kurang baik atau tersesat dengan memanfaatkan keadaan yang ada disekitar kita. “Faktor penting dalam survival adalah kemauan untuk tetap hidup dan kemauan untuk berusaha mencari makan,” terangnya.

Sementara itu, pemateri Mountaineering, Sertu Arif Santoso, berharap, dengan pembekalan atau pelatihan survival dan mountaineering tersebut anggota Pramuka Saka Wira Kartika mengerti bagaimana caranya menolong korban seperti korban yang terperosok dijurang. Karena, tidak menutup kemungkinan sebagai anggota Pramuka akan dilibatkan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam yang terjadi diwilayah.

“Generasi muda adalah penerus cita-cita bangsa baik dalam aksi bela negara maupun kemanusiaan, sehingga Pramuka Saka Wira Kartika harus selalu siap dalam menghadapi rintangan dan cobaan. Survival sangat berguna pada saat kita hidup di hutan, serta Mountaineering juga penting untuk menolong korban yang terkena musibah dan bencana,” pungkasnya.(Pen/red)

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights