OPINI  

Lestarikan Budaya Lokal, Lapas Kediri Gelar Pelatihan pembuatan Pecut bagi Warga Binaan

Kediri, Transpos.id- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur bekerjasama dengan kesenian jaranan pecut samandiman Kota Kediri menggelar pelatihan pembuatan pecut bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Kamis (4/4/24).

Bertempat di ruang Kemandirian dan Keterampilan Seksi Giatja Lapas Kediri, kegiatan pelatihan pembuatan pecut ini di ikuti oleh 12 orang WBP dan 2 orang instruktur dari Kesenian Jaranan Pecut Samandiman Hanif dan Ferdi. Serta dihadiri langsung oleh Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Budi Ruswanto beserta jajaran. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah melestarikan kesenian budaya lokal Kota Kediri serta memberikan edukasi bagi WBP bagaimana cara membuat kerajinan pecut.

Budi Ruswanto menyampaikan, “sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2022 tentang pemasyarakatan, bahwa kegiatan pelatihan semacam ini harus lebih sering di giatkan lagi. Karena warga binaan juga berhak mendapatkan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan perlindungan dari kekerasan”, tuturnya.

Hal ini sesuai arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, penyelenggaraan pembinaan kemandirian didalam Lapas bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan warga binaan dan membuka peluang partisipasi serta edukasi bagi warga binaan lain sehingga terbangun produk pembinaan kemandirian yang menghasilkan citra positif penyelenggaraan sistem pemasyarakatan. (Fz)

Fauzi Korwil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights