Tambang Pasir Ilegal: Panggilan Kehati-hatian bagi Pemerintah dan Aparat Hukum di Blitar

JATIM | Transpos.id- Yang terletak di Kecamatan Nglekok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menjadi sorotan publik karena aktivitas tambang pasir ilegal yang masih beroperasi tanpa henti selama 24 jam. Pada Kamis, 4 April 2024, kegaduhan terjadi ketika pertanyaan besar muncul: mengapa aparat penegak hukum dan pemerintah setempat diduga menutup mata terhadap pelanggaran hukum yang jelas?

Fauzi salah satu aktivis lingkungan, termasuk salah satunya yang menyuarakan keprihatinan, mengecam tindakan tersebut dengan keras.dia menegaskan bahwa aktivitas tambang ilegal harus segera dihentikan tanpa kompromi apapun. Tambang ilegal ini tidak hanya merugikan secara hukum, tetapi juga berdampak serius pada lingkungan sekitar.

“Menurutnya pelanggaran aktivitas tambang pasir ilegal ini secara jelas bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, yang menegaskan regulasi yang ketat terkait dengan operasional tambang dan perlindungan lingkungan hidup, Jelasnya.

Dikatakan Warga setempat, yang enggan disebutkan namanya, turut mengeluhkan dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan tambang ilegal tersebut. Mereka merasakan dampak negatif yang cukup signifikan terhadap lingkungan hidup dan kesejahteraan mereka.

“Namun, meskipun terdapat kecaman dan keluhan yang terus mengalir, belum ada tindakan konkret yang diambil oleh pihak berwenang untuk mengatasi masalah ini. Pertanyaan tentang keberanian dan ketegasan aparat penegak hukum serta komitmen pemerintah setempat terhadap penegakan hukum dan perlindungan lingkungan masih menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat, Ucapnya.

Situasi ini menyoroti pentingnya penegakan hukum yang adil dan efektif dalam melindungi lingkungan hidup serta menegakkan keadilan bagi seluruh warga masyarakat. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini demi kesejahteraan bersama dan keberlanjutan lingkungan. (Fz)

Fauzi Korwil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights